Rumah Bocah

Terinspirasi dari rumah pohon, bila pernah menonton film “Heart” yang diperankan oleh Nirina, di film itu ada sebuah rumah pohon yang menjadi Base camp anak-anak di film tersebut. Rumah pohon biasanya menjadi keinginan hampir setiap anak, karena biasanya anak-anak menginginkan ruang yang menjadi wilayah pribadinya dan terpisah dari rumah tinggal, namun karena saat ini sulit menemukan pohon yang cukup besar dan kokoh untuk dibangun rumah kecil diatasnya, apalagi di kota besar yang ukuran lahan rumahnya relatif kecil, maka kami coba mendesain rumah kayu dengan ukuran yang kecil, namun rumah kayu ini tidak ditempatkan diatas pohon, tapi tetap diatas tanah.

Rumah kayu yang khusus dirancang untuk anak-anak. Rumah ini berukuran relatif kecil, sehingga memungkinkan untuk diletakan di pekarangan rumah walaupun lahannya terbatas. Saung ini membutuhkan ruang kurang lebih 5m x 6m.

Selain sebagai elemen estetis di pekarangan, saung ini sangat fungsional, karena dapat digunakan oleh anak-anak dan juga dewasa.

Terdiri dari dua lantai, lantai bawah berupa ruang terbuka, cukup nyaman bila digunakan oleh orang dewasa untuk duduk-duduk sambil minum teh atau kopi. Lantai atas adalah ruang tertutup yang dapat diakses dari tangga di depan bangunan. Ruang ini bisa digunakan sebagai ruang bermain dan ruang belajar anak-anak. Acara kumpul sekeluarga pun menjadi menyenangkan.

Bentuk bangunan mengadopsi bangunan jineng, yang biasanya digunakan sebagai lumbung tempat menyimpan bahan pangan.

Material utama rumah ini menggunakan kayu kelapa lokal jawa. Beberapa komponen menggunakan bambu, sedangkan atap menggunakan daun nipah atau daun kelapa yang banyak ditemui di pulau jawa.

pemasangan di lokasi

Dengan konstruksi yang dapat dibongkar pasang(knockdown), memungkinkan bagi rumah ini untuk dikirim ke mana pun di wilayah Indonesia bahkan ke luar negeri.

Rumah kayu ini bisa dipesan dengan harga 18 juta rupiah (belum termasuk biaya pengiriman). Lama pembuatan sekitar 4 minggu di workshop dan 2 minggu pemasangan di lokasi.

Berminat?

Hubungi kami di 081 321 18 18 44 atau 081 320 166 345

About mejagambar

Ali kusmayana, Seorang arsitek yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan meja gambar. Merancang dan membangun hunian idaman, yang menjadi kebanggaan penghuninya
This entry was posted in Desain and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s