Mengapa Kayu Kelapa?

  • Kayu kelapa adalah bahan yang ekologis, karena dalam pengadaannya tidak merusak hutan, karena batang kelapa didapat dari perkebunan kelapa yang pohon kelapanya sudah tua dan tidak produktif. Pohon yang sudah tua ini harus ditebang untuk dilakukan penanaman kembali.
  • Persediannya cukup melimpah dan tersebar merata hampir di seluruh nusantara, sehingga dalam pengadaannya termasuk jenis material lokal dan tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk pengangkutan.
  • Harganya relatif lebih murah bila dibandingkan kayu hasil produksi hutan.
  • Muai-susut pada saat kering dan basah relatif lebih kecil, sehingga kayu dapat langsung diolah dalam keadaan basah tanpa perlu takut kayu akan menyusut dan melenting. Dan memang pada kondisi basahlah kayu kelapa ideal untuk dikerjakan, karena apabila telah kering kayu akan sangat keras dan sulit untuk dikerjakan.
  • Dengan rancangan yang baik dan teknik joint yang tepat, akan menghasilkan konstruksi bangunan yang kuat, awet dan tahan gempa.
  • Dapat mengurangi pembalakan liar, karena dapat memenuhi sebagian kebutuhan kayu untuk bahan konstruksi dan furniture.

About mejagambar

Ali kusmayana, Seorang arsitek yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan meja gambar. Merancang dan membangun hunian idaman, yang menjadi kebanggaan penghuninya
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengapa Kayu Kelapa?

  1. broden says:

    salam kenal,
    mas mau tnya dunk, gmn caranya mengetahui kualitas kayu kelapa yang baik?? bbrp wktu yang lalu saya sempet menggunakan kayu kelapa sebagai struktur rangka atap, tapi koq saya agak kurang sreg dengan kayunya, karna saya rasa kayunya masi terlalu muda warnanya masi agak pucat, setau saya warna kayu kelapa yang tua itu warnany agak kemerah2an. tolong minta saranya dunk mas??
    terima kasih

    • mejagambar says:

      salam kenal juga,
      kualitas kayu kelapa yg baik bisa dilihat dari kerapatan seratnya. semakin rapat seratnya semakin baik kualitasnya, dan berwarna gelap
      berbeda dengan kayu lainnya kayu kelapa keras di bagian luarnya, semakin ke dalam semakin lunak, biasanya bagian dalam tidak digunakan untuk konstruksi, namun di pasaran biasanya dijual juga. umur pohon pun menentukan kualitas kayu. kayu yg baik bisa didapat dari pohon yg sudah berumur 40 tahun lebih.
      terimakasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s